Kamis, 28 Mei 2009

नर्सिउस फक्त स्ब्ग लंदासन बेर्केमबंगन्य एरा सिनेमा

arsius Fakta sbg Landasan berkembangnya era cinema

Bangkitnya Industri film era 21 dimulai dengan boomingnya AADC- sebelum vakumnya warkop DKI yang bercorak humor dan vulgar; merebaknya film bertema horor dan misterius dengan bintang Suzanna. Hingga, AADC- menjadi lahan cinta abg dan konsumsi 21 cineplax yang sebelumnya cenderung dimonopoli western movie. Hingga, film dengan tema roman picisanpun menyusul satu per-satu. Eiffel I'm in love - Buruan Cium Gue - dlsb yang mewakili insan film yang mendapat ruang ekspresi yang kekurangan hiburan movietainment. Tema kental seputar remaja yang berupaya mendapat pengakuan dan pengenalan sosial dilingkungannya disertai romantika- dan perjalanan generasi metropolis diliku-liku pergaulan bebas.

Seperti kata pepatah, "Sebuah karya fenomenal tidak akan muncul; jika tidak tertekan dan dilatari oleh sebuah tragedi". Dan Ayat-ayat Cinta bernafaskan islami mulai lahir dengan latar belakang Arab- yang mengisahkan kisah cinta segitig dan tuduhan fitnah di akhir pengadilannya, hingga hakim lalu membebaskannya karena tidak terbukti. Alur kisah dengan mengambil lokasi langsung bagi Habib (edit: penulis novel) mungkin hanya sebuah klise; tapi bagi 3 juta penonton yang menyaksikannya langsung benar-benar merupakan pencerahan bagi insan dunia film Indonesia yang sebelumnya dibanjiri arus roman picisan. Dan sejak itu, film Islami dan tema yang mengangkat kehidupan masyarakat lokal pun exist dan mulai digemari. Laskar Pelangi; Kun Fayakun; 3 DOA 3 CINTA; Doa Yang Mengancam; Perempuan berkalung Sorban (Aisyah), Denias dan Lari dari Blora dan bocah anak negeri 5 tahun yang berupaya belajar dan bekarya dipedalaman - Turtle can Fly (M. Yahya). Festival Cannes- The Year My Parents Went On Vacation (M. Dzilkilfli http://www.thinkingfaith.org/articles/FILM_20080501_1.htm - face)- Chronicle of Narnia (aktris pemain cilik -Atiqah 4 years old) dan film dokumenter melalui ajang festival seperti Eagle Awards dlsb yang sebenarnya banyak memberi pengajaran hakekat nilai kehidupan masyrakat sebenarnya.

Pesan Visual yg Terputus


Digital Visual dalam bentuk karya lebih leluasa digambarkan; patung Vishu dengan arca batu ditransparankan dalam logika alur skenario global dengan kecamuknya north korea -Pyonyang dalam jejak rekaman Superman (Brandon Routh) sebagai lawan main sesungguhnya startrek. Sebagai tanda pematik doomsday sesungguhnya, terlihat jelas nantinya. http://www.youtube.com/watch?v=pxd4HTFGe_U&feature=related. Dimensi alam ketujuh yang digambarkan Isra Mi'raj - Charlie and the Chocolate Factory - dan jembatan alam barzah menuju Sidartul Muntaha dengan gambaran featuring Simphony concert. Dan proses pembangkitan alam kubur dengan kekuatan cahaya; bagian cuplikan potongan film cartoon Brother Bear- saat pribumi Indian yang dikutuk menjadi beruang berubah menjadi manusia kembali. http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_film_Amerika_Serikat_menurut_kategori (yang bewarna biru recommend)

Bagaimana prosesnya The show still go on

Tidak ada komentar: