Senin, 02 Februari 2009

लोगिका Militerisme

Arus Logika Militerisme dalam Pengetahuan

Dua poros kekuatan dunia setelah PD II, yang salah satunya adalah pusat pertahanan Amerika Serikat yang merupakan kantor terbesar didunia, memiliki gang yang panjangnya 28 km dengan luas 13,6 hektar. Pentagon artinya adalah segi banyak dengan 5 sisi, di Arlington, Virginia, yang dibangun tahun 1941-43. Dan kekuatan lainnya, adalah Rusia semasa tahun 50-an sebelum perang dingin.

Ahli ilmuwan science, dibidang fisika, kimia, seperti Albert Einstein dan Julius Robert Oppenheimer. Julius (New York, 22 April 1904- Princenton, 18 Februari 1967) merupakan penemu teori relativitas dan atom. Julius Robert Merupakan ahli fisika Amerika Serikat yang telah memberi sumbangan besar dalam bidang fisika teori dan terapan. Lulus dari universitas Harvard (1925); ia selalu belajar dibawah bimbingan ahli-ahli fisika terkemuka Eropa pada universitas Cambridge (1925-26) dan universitas Gottigen (1927), khususnya Max Born ahli fisika teori Jerman. Kembali ke Amerika Serikat (1929) mengajar fisika teori pada universitas California di Berkeley dan IT California. Tahun 1943-45, ia memimpin proyek bom atom di Los Alamos, New Mexico yang memuncak pada ledakan bom atom pertama pada 16 Juli 45 di Alamogardo, New Meksiko.

Demi cita-citanya untuk penggunaan tenaga nuklir secara damai, sebagai ketua penasehat komisi energi atom dan penasehat politik kementrian pertahanan AS, ia menentang pembuatan bom hidrogen, tetapi ditolak oleh presiden Truman (49). Pendiriannya itu diperkuat dengan persahabatannya dengan elemen sayap kiri, yang menyebabkannya dibebaskan dari segala jabatannya demi alasan keamanan. Tahun 1947-66, ia tak bisa meneruskan risetnya kearah yang dicita-citakan dan menjabat sebagai direktur Institut for Advanced Study di Princenton.



- Daerah Nigeria merupakan lokasi bahan dasar untuk pembuatan nuklir. Daerah paling berbahaya untuk pembuatan senjata teknologi nuklir pemusnah massal, yang telah menghasilkan arsenal WMD, termasuk 40.000 ton senjata kimia dan 600 ton senjata bahan nuklir [March, 2003]. Namib adalah gurun pasir diwilayah Namibia bagian barat, Afrika Barat Daya, yang membujur sejajar pesisir samudera Atlantik, arah utara-selatan. Daerah hujan digurun pasir Namib sepanjang tahun hanya berkisar antara 20-100mm. Gurun Namib mengandung barang tambang intan dan thorium, daerah galian terbesar berlokasi di selatan kota loderitz. Ştei (bahasa Hungaria: Vaskohsziklás) ialah sebuah kota di Provinsi Bihor, Transilvania barat, Rumania. Antara tahun 1958-1996, kota ini diubah namanya menjadi Dr. Petru Groza, menurut pimpinan sosialis Rumania yang telah meninggal pada tahun 1958.Kota ini didirikan pada tahun 1952, dekat sebuah desa yang bernama sama, sebagaimana pusat industri untuk pemecahan uranium yang ditambang di Băiţa.
http://id.wikipedia.org/wiki/Proyek_Manhattan
http://id.wikipedia.org/wiki/Sillam%C3%A4e
http://id.wikipedia.org/wiki/Reaktor_nuklir

Namibia merupakan daerah dahulu yang bernama Afrika Barat Daya Jerman yang ditempatkan dibawah kekuasaan Afrika Selatan oleh LBB sesudah PD I; berbatasan dengan samudera Atlantik, Angola, Botswana dan Afrika Selatan. Daerahnya terbentang dari gurun pasir pantai yang disebut Namib (+150 meter) yang tertutup semak dan rumput-rumputan tinggi. Di timur terbentang padang pasir Kalahari tidak banyak sungai; iklim panas dan kering. Daerah yang merupakan hasil intan, tembaga dan tambang uranium dan yang penting lainnya. Sesudah PD II, Afrika Selatan menolak menyerahkan Namibia dibawah perwalian PBB. Tetapi tahun 1966, PBB memutuskan berakhirnya andat Afrika Selatan atas Namibia dan yang kemudian diperkuat oleh keputusan Mahkamah Internasional (1971). Juga rakyat Namibia sendiri yang termasuk dalam SWAPO (South West Africa People’s Organization: yaitu organisasi rakyat Afrika Barat Daya, menentang kekuasaan Afrika Selatan. Afrika Selatan mengadakan konferensi konstitusional yang menjanjikan kemerdekaan Namibia tahun 1976, namun ditentang PBB sebagai dalih untuk mempertahankan kekuasaannya belaka. Dalam akhir tahun 1970-an perundingan tentang rencana kemerdekaan Namibia dimulai lagi antara wakil-wakil Afrika Selatan dan PBB yang masih terus berlangsung sampai awal 1980-an. [Ensiklopedi Indonesia]

Dana anggaran militer hampir lebih 10 tahun, mencapai 6.4 milyar dollar AS bagi Russia. Agresi Amerika Serikat ke Irak 2004 mencapai 40 persen dari anggaran keuangan negara. Selama dekade 1960-an, persentase rata-rata per-tahun untuk anggaran pertahanan, bila dibandingkan dengan anggaran negara secara keseluruhan di Asia, Afrika sub-Sahara dan Amerika Latin, telah meningkat hampir dua kali lipat untuk pemerintahan militer dibandingkan dengan pemerintahan non-militer [Kennedy, Gavin. 1974. The Military in the world. London: 163]. Tingkat pertumbuhan anggaran pertahanan di negara-negara sedang berkembang bahkan melampaui tingkat pertumbuhan dinegara-negara tersebut. Sebagian besar dihabiskan untuk membeli persenjataan-persenjataan canggih dari negara maju, dan pembelian persenjataan ini tidak memiliki efek ganda terhadap ekonomi nasional negara bersangkutan. Malah sebaliknya, memperlemah pertumbuhan ekonomi negara-negara tersebut.[Talakdur Maniruzzaman. Militer Kembali ke Barak: 8]. Sedangkan, pinjaman pemerintahan militer Brazil (1964-77) rata-rata pinjaman per-tahunnya ke IMF sebesar US $. 221.5 juta atau total US.$ 2.961.5 juta lain dengan masa pemerintahan sipil per-tahunnya hanya US.$ 16,6 juta dan total hutang 149.5 juta dollar [ibid: 252]. Persenjataan senilai 176 milyar dolar diekspor ke dunia ketiga antara tahun 1987 dan 1991. Dan senjata ringan bernilai 10 milyar dollar per-tahunnya [Economist, Feb 1994:19-21].

PBB sebagai lembaga penjaga perdamaian dan penyelesaian konflik internasional (Peace Keeping Forces), melalui UNPREDEP di Macedonia, UNOMIL di Liberia, UNPROFOR di Bosnia, UNOSOM di Somalia, ONUSAL di El Savador, UNTAC di Kamboja, ONUMOZ di Mozambique, UNAMIR di Rwanda, UNTAET di Timor-timor, UNFICYP di Siprus, UNAVEM di Angola, ONUMOZ di ozambique, UNHCR untuk korban pengungsi, UNTAES di Slovania Timur, UNRWA di Gaza Palestina. Anggaran keuangan untuk semua progam agensi PBB sekitar 20 milyar dollar per-tahun, jika dibandingkan dengan hampir anggaran 192 negara anggota terbilang sangat kecil, dan ini hanya sebagian untuk dana militer dunia. Masih hampir dua dekade, PBB mengalami kesulitan keuangan dan ditekan untuk mengurangi program penting di semua area. Banyak negara anggota tidak membayar kewajibannya dan mengurangi donasinya terhadap dana sukarela PBB. Pada 31 Agustus 2008, estimasi sumbangan anggota ke anggaran rutin mencapai 919 juta dolar, dan Amerika Serikat sendiri menggunakan dana sebesar 846 juta dolar (yaitu 92% dari estimasi anggaran rutin). Seperti data 15 negara penunggak anggaran rutin, penjaga perdamaian dan pengadilan internasional. http://www.globalpolicy.org/security/peacekpg/finance/finindx.htm - The 15 Largest Debtors to the UN Budget - tables UN Finance - Global Policy Forum. [Data and Graphic Regular-Peace Keeping and International Tribunal]. Sementara, PBB mengajukan anggaran dana rehabilitasi pembangunan, rekonstruksi, dan penyelesaian konflik di Gaza Palestina sebesar lebih dari ----6,13 trilyun dengan jumlah korban meninggal 1300 orang dan lebih 5000 luka berat dan serius [revisi].

Logika Jejak Akar Militerisme, Hugh Miall, Oliver Ramsbotham, Tom Woodhuse.Resolusi Damai Konflik Konteporer: 1-148.

Kerangka Pembangunan Perdamaian Pasca Penyelesaian

Tidak ada komentar: