Rabu, 29 Juli 2009

स्केनारियो वन्दलिसमे



Skenario Vandalisme
"Sediakan payung, sebelum hujan turun,
meski air terus berlinang...."
by Abstrak Nawahun

MaxWeber instrumental rationality is the main factor regulating
of human behaviour. In the era modernity- perhaps the only one likely to
emerge unscathed from the battle of motivational forces.

Dalam UU Sosialisasi Persamaan dan Perlindungan Ketidak-adilan Diskriminasi memberi penguatan hukum bagi semua warganya, termasuk diskriminasi gender dan sex. Komisi Persamaan Gender atau CGU Afsel, mempunyai fungsi memonitor keadaan terkait dengan hukum internasional yang relevan, serta menginvestigasi issu gender (both motu proprio and complaint). Di Tunisia, Post -Beijing National Plan, action 1997-2000 memiliki Dewan Nasional Perempuan dan Keluarga yang membantu Menteri sebagai fungsi penasehat. Sementara negara yang memiliki konstitusi diskriminasi dengan kategori qualified affirmation, hanya di Fiji (dengan UU Pernikahan usia minimum 18 tahun bagi pria dan 16 tahun bagi wanita) dan Kenya (Female genitile mutilation, SIDA 1999) yang tinggi. Dan di Indonesia dicanangkan Program Nasional Bagi Anak Indonesia 2015 dengan 5 kota pilot project: diantaranya Surakarta, Sidoarjo, Jambi, Kutai Kertanegara, dan Gorontalo. Dengan Konvensi Hak Anak yang disetujui MU PBB 20 November 1989 dan diratifikasi oleh Indonesia dengan Keppres 36 Tahun 1990, mengenai eksploitasi anak dibidang ekonomi, Shelter Reception Centre (Pusat PelayananTerpadu Penanggulangan Perdagangan Anak), Peluang dan Potensi Anak untuk berpartisipasi, trafiking, serta perdagangan perempuan dan anak. Hal ini berkait dengan penegasan secara de yure, tentang peran persamaan gender dan sex. (The Convention on the Elimination of All Forms of Discrimination against Women - CEDAW).

Dalam konteks era transformasi global bergerak menjadikan perempuan sebagai obyek ruang dalam scenario vandalisme (SV). Dan menjadi issue center dalam pembentukan pola skema kekerasan; mulai di dua penjara besar Abu Ghraib, Irak pasca penggulingan Saddam Husein dimana 520 tawanan disiksa dan penjara Guantanamo, hingga Kuba pasca tragedi 9/11. Kasus penyiksaan terhadap TKW dan angka KDRT meningkat 300 persen pasca tsunami dan gempa Jogja, akibat depresi global (DG). Dan kekerasan terhadap anak telah ada sejak jaman Musa lahir di masa Fir'aun yang memerintahkan membunuh bayi-bayi laki-laki Ibrani (1473 SM); namun tidak pernah terpublikasikan luas.

Transformasi semakin transparan sejak istilah frame code (mystery alphabet location name) dan rekam jejak (energy function) sebagai landasan acuan gulirnya peristiwa tatanan global (who's the newsmaker behind?). The King married more dan doktrin penyangkalan the King can not do wrong sebagai landasan bahwa penguasa kehidupan dapat melakukan apapun, termasuk skandal poligami yang menghiasi drama peradaban global dan doktrin pembenaran legenda nawang wulan dan klenting kuning, terus dilakukan. Secara de facto, rekam jejak sungai gangga, pelarangan menganggu sapi -pemerah susu- dan beberapa arsitektur pagoda, candi sewu dilokasi prambanan (struktur candi lingga dan yoni), Taj Mahal dan beberapa adalah peninggalan masa Hindu (3000 SM).

Secara kejawen sosok dewi sri dan keberadaan terowongan bawah laut penghubung kerajaan Yogyakarta, dan sendratari ramayana. Dimasa raja Sulaiman (kurang lebih 750 SM bersamaan dengan lahirnya Kong Hu Cu sekitar 551-479 SM dan Dewi Kwan Im) yang menguasai alam jin dan menikahi ratu Balqis. Di era 21, pintu kamar cottage bernomor 2401 dan kamar 327 kompleks Inna Grand Bali Beach Hotel, Denpasar, Bali sebagai tempat terselubung. Dan dimasa kontemporer peresmian dubai resort international panorama bawah laut dan tragedi Taj Mahal, India akhir 2008 lalu sebagai bukti rekam jejak vandalisme. Jembatan suramadu terbesar diasia tenggara, dibangun saat Indonesia krisis dan kurang profitable untuk menggambarkan Suro dan Boyo sebagai patung perlambang kota Surabaya dan Madura. Serta World Cup 2010 di Afsel sebagai rekam jejak secara de facto penyelenggaraan piala dunia dinegara sulit dengan biaya selangit.


Kesewenangan sv juga tidak konsisten dengan bentuk jelmaannya sebagai Polisi Pamong Praja untuk aksi penertiban dan penggusuran. Selama masa tugas Satpol PP, mulai tahun 2008 terjadi 13 kasus kekerasan dan puluhan sengketa kepemilikan tanah serta penggusuran PKL dengan cara-cara tidak manusiawi. Tahun 2009 terjadi 9 kasus pembongkaran paksa, termasuk stren jagir wonokromo yang kontras dengan model pembangunan berkelanjutan; penyelesaian dengan meminggirkan kemiskinan dengan memotong jalur kehidupan bukan mengupayakan sebab-sebab terjadinya kemiskinan dan mendapat jalan keluar. Melalui UU/ SK/Surat Perjanjian sebagai dalih dan Satpol PP sebagai alat dan tidak canggung terhadap bentuk pemalsuan atau penipuan.

Dibandingkan dengan jumlah kebakaran awal 2009 di Australia 173 orang meninggal sementara di Amerika Serikat sebanyak 3.675 orang diperkirakan meninggal tahun 2005 dengan tragedi bencana topan. Di Indonesia, peristiwa kebakaran Surabaya tahun 2006 sebesar 344 kasus dan tahun 2007 sebesar 254 kasus. Sementara di Jakarta tahun 2009 sebanyak 316 kasus, dan sepertiga kebakaran pasar tradisional diperuntukkan untuk merombak menjadi pasar modern. Dilain sisi, kebakaran hutan menjadi musibah rutin tahun 2007 sebesar 27.247 kasus dan tahun 2008 sebesar 17.020 kasus dan menjadi ekspor asap ke Malaysia.

Untuk kekerasan perang tidak hanya menimbulkan korban jiwa, kerugian infratsruktur, ketidak-stabilan politik, ekonomi negara namun juga trauma bagi warganya termasuk korban pengungsi. Menurut laporan UNHCR, di 54 negara (34%) terdapat korban pengungsi dan di 26 negara UNHCR turut serta berpartisipasi membantu, tidak hanya pemerintah domestik, NGO juga badan sosial lainnya turut serta menetralisir dampaknya. Tahun 2007, pengungsi Kolombia ke Ekuador sekitar 130.000-140.000 jiwa. Sementara pengungsi Palestina sebesar 4.6 juta jiwa dibawah pelindungan UNRWA, sementara secara keseluruhan tahun 2007 meningkat dari 9.9 juta jiwa ke 11.4 juta jiwa (Laporan lengkap situs UNHCR). Data di Indonesia, terdapat kurang lebih 1.031 pengungsi Afghanistan dan 193 pengungsi Myanmar dan Bangladesh (19 Mei 2009) yang mencari pelindungan keamanan, hingga kemudian meninjau kembali pulau Galang, Batam, Riau sebagai tempat suaka yang dulunya sekitar 250.000 pengungsi dari Vietnam (1979-1996) pernah dituju.

Sudah banyak catatan kekerasan, rekam jejak peristiwa versus mistery alphabet code yang tidak pernah imbang. Penggusuran Kelurahan Dusun Besar Kecamatan Padang Nangka Kota Bengkulu, tepatnya berada di belakang kompi Yonif 144 Jaya Yudha, yang secara mendadak didatangi oleh pihak TNI Korem 041 Garuda Emas Bengkulu, setelah jatuhnya Hercules, di Magetan; hingga sanksi korupsi kepada Bapemas Jember. http://www.kontan.co.id/index.php/nasional/news/14619/ Kejagung_Usut_Kasus_Korupsi_di_Kabupatan_Jember yang memotong jatah 1.4 juta akibat demonstrasi terhadap tiadanya pengaturan terhadap monopoli pasar yang merugikan pasar tradisional (Carrefour) yang sebenarnya mengangkat persoalan Sogo ditengah carut marutnya Lapindo. Yang padahal, ditengah kota muncul 39 usaha bola sodok atau bilyard, 9 kolam renang (Sun City), 42 usaha hiburan, karaoke, video game, senam body language dan Plaza Mall (Ramayana, Sun city), sementara pelunasan korban lapindo belum 100 persen pulih. Lajur Sidoarjo-Malang sendiri, Jasa Marga masih merugi 52 milyar dan untuk relokasi tol dibutuhkan dana sebesar 1.5 trilyun. Kasus skenario tersebut merupakan bagian kecil dari keseluruhan, namun akan terus terjadi berulang3x- berganti dan berbalik hingga tidak ada jaman terhadap pembalikan fakta.

Hingga, skandal vandalisme wajib berpindah fungsi jika sudah tidak memenuhi resiko jaman -kembali pada pemurnian tanpa menyinggung etika kemanusiaan walaupun status berada dibawah langit. Jika ajaran Hindhu turun melalui meditasi para Rsi/ Muni yang berjumlah tujuh (Sapta Rsi yaitu Maharesi Grtsamada, Wismamitra, Wamadewa, Atri, Bharadwaja, Washita dan Maharesi Kanwa/ Rsi Panini- penulis Astad Hyayi). Jika, metafor Sulaiman as menikahi Ratu Balqis yang singgasananya dipindah dan alasnya berkilauan seperti air, dilapisi kaca terjadi sejak dahulu kala. Jika Yusuf tergoda oleh Zulaikha (hal 117-120; Putra Pelajar; versi 2004. Dibalik Kekhilafan nabi-nabi Allah). Dan manusia sebatas kontrak kehidupan; hingga tiba sampai masanya tanpa adanya skenario vandalisme kembali.

Tidak ada komentar: